Home Blogging NGOPCAN #4 PUEBI BAGI BEAUTY BLOGGER

NGOPCAN #4 PUEBI BAGI BEAUTY BLOGGER

6 min read
3
0
229

Hari Sabtu kemarin tanggal 13 Januari 2018, aku akhirnya punya kesempatan untuk mengikuti ngopcan #4 yang diadakan oleh Beautiesquad.I’m so happy karena akhirnya bisa ikut berpartisipasi di ngopcan kali ini, karena sebelum nya belum pernah ikutan. Di ngopcan #4 kali ini, Beautiesquad mengambil tema “Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia bagi Beauty Blogger”, narasumber nya adalah Teh Langit Amaravati.






Salah satu makanan sehari-hari blogger yaitu menulis. Merangkai kata demi kata untuk bikin konten itu susah-susah gampang, terutama kalau bersinggungan dengan yang nama nya ejaan dan tata bahasa. Dari SD bahkan sampai kuliah, aku masih inget banget pelajaran bahasa Indonesia pasti selalu ada. Diitung-itung kita udah belajar ejaan dan tata bahasa almost 13 tahun lebih! Tapi yakin deh, tetep aja pas nulis ejaan dan tata bahasa kadang terabaikan dan kadang udah lupa juga sih gimana cara nyusun bahasa yang benar apalagi soal penggunaan tanda baca, dll. Sekali-kali kita refreshment yuk guys, mengenai PUEBI alias Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang dikaitkan dengan dunia blogging! Gak ada rugi nya kan nambah pengetahuan? 😀

First…….

APA ITU EJAAN?





Yang dimaksud ejaan di sini adalah kaidah penggunaan bahasa Indonesia, tanda baca, dan tata bahasa lainnya. Ejaan merujuk kepada dua “kitab suci”, yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Karena bahasa bersifat dinamis, kedua kitab suci ini sesekali mengalami revisi. Yang terbaru adalah KBBI dan PUEBI 2016.

Formal banget yaah, jadi berasa modul buku bahasa indonesia. Hahahaha… Ya inti nya seperti itu deh guys! Aku gak akan bahas panjang lebar juga soal ini, kalian bisa baca sendiri di kamus atau download di link berikut KBBI dan PUEBI. Kalau dibahas disini nanti malah jadi buku. Kepanjangan. Hahahaha…

Second……

GAYA BERTUTUR





Selain ejaan, Gaya bertutur pun sangat penting untuk blogger. Kenapa? Karena gaya bertutur itu bisa membentuk ciri khas masing-masing blogger. Ada beberapa blogger yang tulisan nya santai, ada juga yang serius, bahkan ada juga yang ramai. Ada yang menyebut pembaca nya anda, kamu kalian, dll..  Itu balik lagi ke kepribadian masing-masing blogger.

Sebenernya penting ga sih guys tata bahasa untuk para blogger?

Setelah mengikuti ngopcan #4 kemarin, I will say “Yes, That’s important!”. WHY??!??

1.Kredibilitas si blogger

Ini berkaitan dengan personal branding. Kalau tulisan berantakan  atau asal tulis, tanpa memperhatikan tata bahasa dan ejaan nanti kesan nya malah si blogger nulis asal-asalan dan gak niat.

2.Pagerank

Google dalam quality guidelines-nya mengatakan bahwa salah satu faktor yang menentukan peringkat sebuah situs web adalah kualitas tulisan. Di antarnya: ejaan/tata bahasa dan minim typo.

3.SEO

Meski mesin pencari sudah sedemikian pintar sehingga bisa menafsirkan bahkan keyword dan meta description yang salah eja, namun jika ada dua artikel yang membahas topik yang sama, maka yang akan DIPRIORITASKAN untuk tampil di hasil pencarian adalah yang tata bahasanya lebih benar.

4.Pembaca

Kalau si pembacanya paham ejaan, membaca artikel yang serampangan itu membuat malas.

5. Monetasi

Brand tidak suka meng-hire blogger yang tulisannya berantakan. Ya iyah lah ya, gimana mau menjual atau mempromosikan brand kalau tulisan kita masih berantakan. Brand-brand terkenal pasti akan memilih blogger yang berkualitas dan bisa mempengaruhi pembaca untuk mencoba brand nya.

6.Lomba blog

Selain konten, ternyata tata bahasa yang benar adalah salah satu poin lebih penilaian dalam perlombaan blog.

Nah, tanpa kita sadari PUEBI untuk dunia blogging ini penting. Blogging sama seperti karier lainnya, ada iklim persaingan. Setiap hari lahir bloger-bloger baru. Satu-satunya yang bisa membuat kita stand out from the crowed adalah kualitas. So, keep learning guys!



Load More Related Articles
Load More By Luella
Load More In Blogging

3 Comments

  1. Hanifa

    January 30, 2018 at 8:27 am

    Wiiii baru tahu kalau EYD ngaruh juga ke SEO. Selama ini sih ngeblog dengan gaya semi formal. Jadi nggak saklek sama EYD juga. Biar lebih akrab gitu sama pembaca. Jadi seakan-akan lagi ngobrol langsung karena bahasanya luwes :))

    Reply

    • Luella

      Luella

      January 30, 2018 at 12:20 pm

      Iyah nih, selama ini juga aku kalau ngeblog selalu pake kata” semi formal.. Baru tau juga EYD ternyata bisa ngaruh ke SEO haha…

      Reply

  2. […] Baca juga NGOPCAN #4 PUEBI BAGI BEAUTY BLOGGER […]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

REVIEW QL COSMETIC EYEBROW CREAM

Hello everyone! Welcome back to my beauty world 😀 Untuk post hari ini, aku mau sharing ke …